Senin, 27 April 2015

Pengajian dalam rangka Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1436 H

Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1436 H warga Desa Kedungpuji khususnya RW I dan II dipusatkan di Masjid Jami’ Nurul Falaah Desa Kedungpuji Gombong, Senin (27/04/2015).

Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1436 H ini dihadiri oleh ratusan warga muslim desa Kedungpuji dan sekitarnya dengan menghadirkan pembicara K.H. Zuhrul Anam (Gus Anam) Pengasuh PonPes At-Taujih Al-Islami dari Leler, Kebasen Kabupaten Banyumas.

Panitia kegiatan mengusung tema “Dirikan Shalat Baguskan Adab” ini dimaksudkan agar semua hadirin dapat memahami bagaimana pentingnya shalat sebagai kebutuhan manusia dan tidak hanya sekedar kewajiban kepada Allah SWT yang pada implementasinya berdampak positif pada perilaku kehidupan manusia bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Acara Peringatan Isra Miraj 1436 H dimulai tepat pukul 20:00 Wib dengan penampilan Drama Islami santriwan-santriwati TPQ Nurul Falaah asuhan Budiyono, S.Pd. yang bertemakan "Kembali ke JalanMU". Tema ini menceritakan pesan moral kepada orang tua. "....kasih sayang dan perhatian dari orang tua kepada anaknya merupakan faktor paling penting untuk mendidik anak ke jalan yang benar", tegas Budi.

Acara inti dimulia pukul 09.00 diawali dengan bacaan basmallah dilanjutkan prakata Panitia yang disampaikan oleh Misroji, S.Pd. Menurutnya peristiwa Isra' Mi'raj merupakan perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dalam rangka menerima kewajiban dari Allah SWT yang harus dilaksanakan yaitu perintah sholat bagi umat muslim.
Dalam sambutannya Ketua Takmir Masjid Nurul Falaah Bambang Purwanto, S.Ag.menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap panitia dan warga atas bantuannya, sehingga acara Peringatan Isro' Mi'roj dapat berjalan dengan lancar.

Beliau menambahkan rasa keprihatinan kepada dunia pendidikan yang telah tercoreng dengan berita yang menghebohkan di dunia maya setelah UNAS kemarin, sehingga tema yang di usung oleh panitia "Dirikan shalat dan baguskan adab". ini diharapkan dapat merubah generasi kita yang lebih baik.

Sedangkan K.H. Zuhrul Anam (Gus Anam) Pengasuh PonPes At-Taujih Al-Islami itu, dalam tausiyahnya menjelaskan arti serta makna dari peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialami oleh beliau Nabi Muhammad SAW mulai dari perjalanan malam dari masjid haram ke masjidil aqsha (Isra’) lalu dilanjutkan perjalanan dari Masjidil Aqsha ke langit ke-7 (Mi’raj).

Gus Anam juga memaparkan mengenai tiga kriteria kemuliaan, yaitu kemuliaan waktu, kemuliaan tempat dan kemuliaan orang serta lima hakikat dari taqwa antara lain orang yang mempunyai rasa takut kepada Allah SWT, orang yang mengamalkan perintah Allah yang termuat dalam Al-Quran, orang yang mensyukuri nikmat Allah, orang yang ridho dan ikhlas terhadap sesuatu yang tidak menyenangkan, dan yang terakhir adalah orang yang cerdas dalam dunia dan akhirat.

Acara selesai pukul 23:30 Wib yang diakhiri dengan do’a penutup yang disampaikan langsung oleh KH. Zuhrul Anam (Gus Anam) . Semoga kegiatan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1436 H Masjid Nurul Falaah tahun ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Demikian liputan yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya yang berada dimanapun berada. Terima kasih atas perhatian dan partisipasinya telah membaca liputan kami. Akhirul kalam wabillahi taufik wal hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu.

Reporter: Saifudin Madu Go

0 komentar:

Posting Komentar