Selasa, 19 Januari 2016

Idul Adha 1436 di Sekolah Madugo

Gombong (24/9/2015) Gema takbir telah berkumandang di seluruh belahan bumi, seluruh umat Islam menyambut hari Raya ‘Idul Adha 1436 H.
Terkait hal itu, SMK Ma’arif 2 Gombong mengharuskan para siswanya khususnya kelas X dan XI untuk melaksanakan sholat Idul Adha di sekolah meski kegiatan belajar mengajar diliburkan. Kebijakan ini diambil karena para siswa tetap harus absen.

“Para siswa-siswa kelas X dan XI harus shalat disini, soalnya ada absennya dan untuk memaksimalkan pelajaran Praktik Ibadah, sehingga mereka dapat mengaplikasikan materi yang didapatkan ketika pelajaran di kelas”, tegas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dra. Robingatun.

Rangkaian Pelaksanaan shalat Idul Adha 1436 H yang bertempat di Halaman Kampus SMK Ma’arif 2 Gombong ini diikuti ratusan siswa dan siswi, guru dan karyawan pada kamis, 24 September 2015 atau 10 Dzulhijah 1436 H pagi tadi.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1436 H tahun 2015 kali ini dimulai tepat pukul 06.30 WIB yang diimami oleh Bapak Kyai Arif Rochman, M.Pd.I yang dilanjutkan dengan penyampaian khutbah yang disampaikan oleh Ustadz Manislam, S.Pd. Dalam penyampaiannya beliau mengajak kepada para jama’ah shalat idul adha untuk selalu bertaqwa kepada Allah SWT dengan cara melaksanakan perintah-perintahNya dan menjauhi LaranganNya.

Seperti yang dijelaskan dalam QS. Al Hajj ayat 37 “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Beliau menambahkan agar jamaah untuk kembali merenungi dan meresapi nilai-nilai moral dan arti penting yang terkandung dalam peristiwa kisah Nabi Ibrahim AS, yaitu kekuatan Iman yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim dan Keluarganya serta kesabaran atas Ujian yang diberikan Allah SWT.

Ketegasan dan kesabaran kisah dakwah Nabi Ibrahim alaihi salam dalam menegakkan Tauhid di jaman Raja Namrud yang pada saat itu semua kaum penyembah berhala.

Nabi Ibrahim As, berdakwah meluruskan para kaummnya bahwa menyembah berhala itu adalah suatu kekeliruan besar, yang wajib disembah hanyalah Allah SWT. Dengan segala konsekuensi berdakwah tanpa mengenal lelah sampai Nabi Ibrahim akan dibunuh dan dibakar oleh Raja Namrud. Namun atas izin dan pertolongan Allah SWT api yang membakar Nabi Ibrahim As, berubah menjadi dingin dan menyelamatkan nabi Ibrahim As.

Sampai kepada Ujian yang diberikan Allah kepada Nabi Ibrahim bahwa sudah cukup lama tidak dikaruniai seorang anak, dan ketika diberikan anak nabi Ibrahim pun diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya yang bernama Ismail As, sebagai wujud cintanya kepada Allah SWT.

Istri dan Putranya (Ismail As) pun memerintahkan Nabi Ibrahim As, untuk segera melaksanakan perintah Allah SWT tersebut. Subhanallah…dari kisah nabi Ibrahim As tersebut kita dapat mengambil hikmat betapa kuat dan sabarnya Nabi Ibrahim As, beserta istri dan putranya yang kita patut contoh untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, pungkas Ustadz Manislam.

-----------------------------------------------
Penyembelihan Hewan Qurban dan Pendistribusiannya.
Setelah usai rangkaian shalat idul adha selesai, para jamaah yang terdiri dari guru, karyawan serta siswa-siswi SMK Ma’arif 2 Gombong melaksanakan jabat tangan kemudian dilanjutkan penyembelihan hewan qurban dan pendistribusiannya.

Sekretaris Panitia Hewan Qurban SMK Ma’arif 2 Gombong, M. Kharis, S.Pd.I di sela-sela kegiatan menyampaikan kepada tim redaksi bahwa “Tahun ini hewan Qurban SMK Ma’arif 2 Gombong berjumlah 1 ekor kambing dan 1 ekor sapi”.

Setelah hewan qurban semua sudah disembelih maka saatnya pendistribusian dilakukan ke seluruh warga di sekitar SMK Ma’arif 2 Gombong. Adapun warga yang mendapat bagian hewan qurban adalah dukuh Kembang Kuning, dukuh Kemukus dan dukuh babakan, Bendungan.(SaifudinMDG)
_______________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

0 komentar:

Posting Komentar