Selasa, 19 Januari 2016

Pemilihan Langsung Ketua OSIS SMK Ma’arif 2 Gombong 2015

Gombong (13/8/2015) Komisi Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) SMK Ma’arif 2 Gombong memfasilitasi proses pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Ma’arif 2 Gombong Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kegiatan pemilihan ketua OSIS tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 WIB di TPS (kelas masing-masing). Proses pencoblosan di setiap kelas di hadirkannya petugas yang membawa kartu suara sesuai jumlah data pemilih setelah para peserta mendengarkan orasi semua calon ketua OSIS dalam penyampaian visi misi dan program kerja yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan perolehan suara dari peserta pemilu.
Rentetan kegiatan Pilketos diawali dengan pencarian kandidat dari masing-masing kelas, kemudian dilanjutkan seleksi administrasi dan kompetensi kandidat yang meliputi test tertulis, wawancara dan pidato.
Melalui rentetan test seleksi tersebut, dari 38 bakal calon yang terdaftar di awal, kemudian menyusut menjadi 14 bakal calon. Dan akhirnya melalui proses penyeleksian yang sangat ketat maka dihasilkanlah 5 kandidat teratas yaitu sebagai berikut:
No. Urut Nama Calon Asal Kelas
01 Arifudin X TPTU
02 Rani Dwi Haryanti XI TKR 1
03 Danang Imron Safingi XI TKR 2
04 Ira Agustina X TKR 1
05 Rifqi Andrian Pratama XI TKR 2
“Ide awal, murni dari pihak sekolah yang menginginkan pemilihan ketua OSIS dipilih langsung oleh siswa agar lebih demokratis,” kata pembina OSIS SMK Ma’arif 2 Gombong Retno Pudjiastuti, S.Pd. di sela-sela pemilihan ketua OSIS SMK Ma’arif 2 Gombong siang tadi.
“…Untuk itu, Panitia Pilketos memfasilitasinya dengan membuat proses pemilihan tersebut dengan maksimal, seperti menyiapkan petugas, kartu suara, kotak suara serta mekanisme pemilihan yang sangat profesional dan demokratis”.
Sebelum dilaksanakan pemilihan, Panitia memberikan bimbingan teknis kepada semua pemilih, termasuk format kartu suaranya. “Kami juga memberikan bimbingan untuk membedakan kartu suara yang sah dan tidak sah. Tahun ini kami konsep proses pencoblosan adalah di masing-masing kelas agar lebih efisien dan untuk meminimalisir peserta yang golput”, ujar Retno.
Pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS dengan menggunakan sistem dalam Pemilu ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung khususnya bagi seluruh siswa. Sehingga kedepannya saat menghadapi pemilihan umum para siswa tidak canggung lagi, karena telah memiliki pengalaman. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa.
“Lewat proses pemilihan ketua OSIS yang menyerupai pemilihan Presiden, Gubernur dan Bupati/Walikota ini, tentunya memberikan pengalaman tersendiri kepada para siswa ketika nantinya menjadi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kebumen 2015, 9 Desember 2015 mendatang.”, Pungkas Retno.
Wakil Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Bidang Kesiswaan Dra. Robingatun mengatakan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah seluruh warga SMK Ma’arif 2 Gombong berjumlah 1.070 orang pemilih yang meliputi siswa Kelas X sebanyak 395 siswa, kelas XI sebanyak 345 siswa, dan kelas XII sebanyak 330 siswa.
Beliau berharap bahwa dari pemilihan ketua OSIS ini memunculkan pemimpin-pemimpin yang amanah, berwibawa dan dapat menjadi tauladan bagi rakyatnya (siswa-siswi lain di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah_*red).
Selain itu, “Dengan adanya test seleksi yang sangat ketat sebelum proses Pilketos, diharapkan, pemimpin-pemimpin yang terpilih adalah siswa/siswi yang berkualitas, dapat menyusun program-program kerja yang bagus serta dapat merealisasikannya dengan baik dalam kurun waktu 1 tahun kedepan.” Imbuh Robingatun.
Bagi siswa tentunya ini memiliki tujuan tersendiri, seperti yang disampaikan Aulia Nikmatu Vajar dari kelas XI TKR 2 mengatakan bahwa sangat terkesan pada tata cara pemilihan semacam itu. Menurutnya, “proses pemilihan seperti ini sangat demokratis dan membuat siswa bebas menentukan pilihannya, selain memberi siswa kebebasan berekspresi, pemilihan langsung tersebut juga menjadikan siswa lebih paham bagaimana kehidupan berdemokrasi yang sesungguhnya.”
Peserta lain, Rizal Aji Kurniawan dari kelas XII TKR 1 ketika ditemui tim redaksi di sela-sela proses pemilihan mengatakan, “pemilihan semacam ini menjadi simulasi ketika tahun depan saya akan memberikan suara atau hak pilih saya dalam Pemilihan Bupati Kebumen (PilBup), yaa…. anggap aja ini kaya’ nyoblos beneran, pak!”, katanya pendek.
Hasil Perhitungan Suara PILKETOS di SMK Ma’arif 2 Gombong
Setelah proses pencoblosan, Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPO) SMK Ma’arif 2 Gombong akhirnya telah menyelesaikan proses rekapitulasi perolehan suara Pemilu Ketua OSIS Tahun 2015 ini. Rekapitulasi penghitungan suara dalam 28 kotak suara yang tersebar di 28 Rombel itu sudah dikeluarkan dengan disaksikan semua anggota dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditambah saksi tiap-tiap Calon, serta Panwaslu setempat.
Berdasarkan pantauan tim redaksi ketika menemui salah satu Anggota 1 KKPS yang bertugas mendaftar calon pemilih, total perolehan suara di 28 rombel (kelas) yang mengikuti pencoblosan tercatat sebanyak 1.019 suara.
Dari data seluruh siswa SMK ma’arif 2 Gombong dengan Jumlah 1.070 maka yang hadir dan menggunakan suaranya 1.019 suara. Dan selanjutnya perolehan hasil suara calon Nomor urut 05 memperoleh suara paling unggul diantara nomor urut dari calon lain. Berikut adalah hasil perolehan suara Pilketos 2015.
01 Arifudin 58 (5,69%)
02 Rani Dwi Haryanti 209 (20,51%)
03 Danang Imron Safingi 131 (12,86%)
04 Ira Agustina 259 (25,42%)
05 Rifqi Andrian Pratama 309 (30,13%)
Suara Tidah Syah 55 (5,40)
Total 1019 (100,00%)
Dari hasil perolehan suara diatas, maka ditetapkan No. Urut 05 atas nama Rifqi Andrian Pratama dari kelas XI TKR 2 sebagai KETUA OSIS periode 2015/2016. Sementara untuk calon nomor urut yang lain menduduki jabatan sesuai dengan perolehan suara. Surat Keputusan Penetapan Kepengurusan OSIS periode 2015/2016 akan dilengkapi pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2015 sekaligus serah terima Jabatan.  (SaifudinMDG)
_______________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

0 komentar:

Posting Komentar