Minggu, 19 November 2017

Kesekian kalinya, SMK Madu Go jadi Objek Study Banding


GOMBONG (MadugoNews) – Dalam upaya meningkatkan mutu manajemen sekolah, SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan Jepara, yang beralamatkan di jalan K.H Abdullah Faqih RT 13 RW 02 Kecapi Tahunan Jepara, itu melakukan study banding ke SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen Sabtu (21/10) kemarin.

Sebanyak 7 orang dari tim SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan diterima di ruang kantor kepala SMK Ma’arif 2 Gombong oleh Kepala Sekolah, Ngadino, S.Kom dan para Waka serta struktural lainnya.

Dalam acara penerimaan studi banding tersebut, ketua tim dari SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan Jepara itu menjelaskan, kedatangannya itu didasari pada banyak referensi tentang SMK Ma’arif 2 Gombong yang dikenal dengan sebutan SMK Madu Go secara nasional bahkan internasional dari berbagai sumber media cetak dan online terutama website.

Tujuan Study banding tersebut adalah untuk ngangsu kawruh (cari ilmu *red) bagaimana perjalanan manajemen sekolah SMK Madu Go untuk diterapkan dalam upaya pengembangan SMK yang sedang dirintisnya.

SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan yang sedang mulai berkembang itu membutuhkan banyak hal-hal penting yang harus dilakukan oleh pihaknya untuk meningkatkan mutu manajemen sekolah yang dikelolanya, sehingga demikian pihak SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan Jepara melakukan study banding ke beberapa sekolah lain yang dipandang mampu untuk dicontohnya termasuk SMK Madu Go.

Dalam dialog yang disampaikan oleh ketua rombongan SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan Jepara menilai bahwa SMK Madu Go ini sangat luar biasa dalam pengelolaan manajemennya. Sementara pesan yang disampaikan oleh kepala SMK Madu Go, Ngadino, S.Kom kepada pihak SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan Jepara itu diantaranya, bahwa manajemen berbasis sekolah harus diterapkan sesuai aturan yang ada, satu visi dari semua warga sekolah harus dijalankan bersama-sama, manajemen sekolah harus dikelola secara transparansi dan akuntabilitas publik.

Ngadino menambah bahwa kekuatan terbesar pada sekolah tersebut adalah karakter diri sekolah yang berbeda dari sekolah lain yang selalu ditonjolkan dan berani spekulasi didalam pengelolaan manajemen sekolah.

Setelah melakukan dialog dan sharing tersebut, tim study banding SMK Islam Tsamrotul Huda Tahunan Jepara kemudian melakukan tinjauan ke beberapa lokasi di SMK Madu Go diantaranya ruang administrasi, ruang waka, ruang guru, laboratorium komputer dan bengkel praktik Jurusan TAV, TKR, TPTU serta Gedung Rusunawa Ponpes An-Nahdliyah 2 Gombong. (Sfd)

0 komentar:

Posting Komentar