Kamis, 05 September 2019

Kejari Kebumen Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ribuan Pil Hexymer



Kebumen (beritagombongofficial) - Kejaksaan Negeri Kebumen memusnahkan barang bukti hasil kejahatan dari 22 perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Total 24 paket sabu-sabu dengan berat 50 gram dan 1.480 butir pil hexymer dimusnahkan bersama barang bukti lain. Pemusnahan dilakukan dengan cara melarutkan sabu dan hexymer ke dalam air kemudian dibuang.

Di samping sabu-sabu dan hexymer, pemusnahan juga untuk 22 handphone, 6 korek api, dan beberapa alat hisap sabu. Selain itu juga 4 kilogram serbuk petasan beserta 6 lembar sumbu. Pemusnahan turut disaksikan oleh perwakilan Polres Kebumen, Pengadilan Negeri Kebumen dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen.

Plh Kepala Kejari Kebumen Anton Rudiyanto, SH. MH melalui Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Himawan Setianto, SH. MH mengatakan, pemusnahan barang bukti tersebut merupakan salah satu tugas jaksa selaku eksekutor. Menurutnya, jaksa selain berkewajiban mengeksekusi badan juga barang bukti yang diamanatkan dalam putusan hakim.

"Pemusnahan barang bukti semacam ini rutin dilakukan jaksa untuk melaksanakan putusan hakim yang memerintahkan dirampas untuk dimusnahkan," katanya, Rabu (4/9/2019).

Himawan menjelaskan, pemusnahan tersebut dilakukan setidaknya memiliki tiga tujuan. Yaitu sebagai bentuk kehati-hatian, pengamanan dan dalam rangka menjaga barang bukti agar tidak disalahgunakan.

Terhadap barang bukti dan barang rampasan, lanjut Himawan, Kejaksaan memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan. Yaitu meliputi penelitian barang bukti, penyimpanan dan pengklasifikasian barang bukti, serta pengembalian barang bukti setelah persidangan.

"Barang bukti yang diputus oleh hakim untuk dikembalikan, dilakukan pengembalian dengan cara mengantar langsung ke alamat sesuai putusan pengadilan," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar