Minggu, 15 September 2019

P2KP Pemdes Bejiruyung tingkatkan kehidupan masyarakat


SEMPOR (beritagombongofficial.com) - Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP), Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor adalah contoh kelompok masyarakat yang mampu memanfaatkan pekarangan rumah dan lingkungan sekitarnya dalam hal penyediaan sumber gizi keluarga secara maksimal.
P2KP) merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan diversifikasi pangan, sebagai perwujudan dari Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal, yang ditindaklanjuti oleh Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) merupakan salah satu kunci sukses pembangunan pertanian di Indonesia.
Hal itu diungkapkan Kepala Desa Bejiruyung Sofingi, S.Pd.I bahwa Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, disamping itu kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan keragaman dan kualitas konsumsi pangan masyarakat agar lebih beragam, bergizi seimbang dan aman guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif. “Alhamdulillah dengan adanya program P2KP, Desa Bejiruyung masyarakatnya mulai tumbuh hidup sehat, aktif dan produktif”, ucapnya
Sofingi menambahkan, secara nasional pelaksanaan P2KP dilaksanakan dalam 3 (tiga) bentuk kegiatan utama diantaranya Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari, Pengembangan Pangan Lokal; serta Promosi dan Sosialisasi P2KP.
“Sasaran Kelompok P2KP dengan memanfaatkan ibu-ibu PKK Desa atau Kelurahan untuk lebih diberdayakan dalam pengelolaan Lahan Pekarangan secara optimal dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pangan.” Pungkasnya (sfd)

0 komentar:

Posting Komentar