Kamis, 05 September 2019

PKL Alun-alun Kebumen Gelar Aksi Damai

KEBUMEN (beritagombongofficial) - Para Pedagang Kali Lima (PKL) mengaku resah dengan kabar pemindahan mereka dari alun-alun yang selama ini menjadi ladang nafkah mereka. Keresahan itu memuncak hingga kemudian PKL menggelar aksi damai Rabu (4/9).
Aksi damai Paguyuban PKL (P2KL) alun2 Kebumen di Dinas Perkim LH,berakhir dengan tertib. Bagaimana tidak, aksi yang diikuti 500an PKL tersebut berjalan sesuai rencana bahkan tidak sedikit yang menyebut aksi tersebut bahkan menjadi ajang silaturahmi layaknya anak dan bapak. Hal ini terlihat saat peserta berjalan dan berkumpul di depan kantor Disperkim LH, semua dilakukan dengan sopan, tertib dan teratur. Begitupun saat bernegosiasi untuk menentukankan perwakilan audiensi, semua dilakukan dengan musyawarah penuh kekeluargaan.
Setelah terjadi kesepakatan, sebanyak 10 orang perwakilan PKL dipersilahkan masuk ke ruang rapat Dinas Perkim LH beraudiensi langsung dengan Kepala Dinas, Edi Rianto, ST. MT didampingi Bidang Terknis dan OPD terkait.
Aksi damai dari PKL tersebut dilatarbelakangi adanya keresahan terkait rencana perluasan area Car Free Day (CFD) ke beberapa ruas jalan di seputar alun2. Mereka berdalih bahwa alun2 merupakan sumber penghidupan mereka. Melalui Ketua P2KL alun2, mereka menuntut agar Pemda dalam hal ini Dinas Perkim LH tidak mencabut SK Bupati tentang CFD. Selain itu Pemda melalui dinas terkait juga diminta melakukan pembinaan dan pemberdayaan para PKL agar PKL dapat berusaha dengan tenang dan tertib dalam mencari nafkah buat keluarganya.
Setelah selesai audiensi, Ketua P2KL menemui rekan2nya yang sudah menunggu berjam-jam. Inti dari audiensi yang terpenting adalah PKL masih diberi kesempatan untuk berdagang di alun2 saat CFD dengan terlebih dulu dilakukan penataan sesuai ketentuan dalam SK Bupati yang ada. Penataan PKL diprioritaskan untuk pedagang yang hadir mengikuti aksi damai tersebut. Selain itu PKL juga diwajibkan untuk ikut menjaga kebersihan dan ketertiban alun2 terutama di sekitar lingkungan lapaknya.(*)

0 komentar:

Posting Komentar