Rabu, 09 Oktober 2019

Bawaslu segera siapkan Tim khusus Cyber Anti Hoax



KEBUMEN (beritagombongofficial) - Hoax dipandang sebagai sebuah masalah yang patut diwaspadai jelang Pilkada Kebumen 2020 mendatang. Berkaca pada paradigm ini, Bawaslu Kebumen mengaku akan menindak tegas individu maupun kelompok yang menyebarkan informasi bohong kepad apublik.


Sanksi yang akan diberikan dari pembekuan akun hingga pemidanaan. Merealisasikan hal tersebut, Bawaslu akan segera bersinergi dengan Kepolisian dan Dewan Pers.

“Penyebaran berita bohong hari-hari ini sudah pada titik yang sangat meresahkan. Kami akan menindak tegas. Kami akan berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dewan Pers terkait dengan sanksinya. Tindakan yang akan dilakukan adalah pembekuan akun hingga pemidanaan,” kata Ketua Bawaslu Kebumen, Arif Supriyanto.

Menurutnya, Bawaslu akan menyiapkan Tim Khusus Cyber Anti Hoax yang akan bekerja menertibkan akun ataupun media yang tidak kredibel. Menurut Arif, itu strategi menekan masifnya informasi bodong ke masyarakat.

“Tim tersebut nantinya yang akan berkomunikasi aktif dengan kepolisian, pemkab, dan dewan pers. Dengan kepolisian, kami berkoordinasi terkait unsur unsur pidananya. Kemudian dengan dewan pers terkait dengan daftar media yang kredibel. Selanjutnya, dengan pemkab terkait proses pembekuan akun,” ujar dia.

Selain itu, Arif juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Panwascam dan masyarakat untuk turut andil dalam proses penanganan ini, “Kami nantinya juga akan meminta kepada Panwascam dan masyarakat untuk berperan aktif. Jangan sungkan untuk melaporkan ke kami bila di daerahnya terindikasi ada hal-hal semacam itu,” kata Arif.

Selanjutnya, Bawaslu, menurut Arif akan melakukan sosialisasi aktif ke semua unsur masyarakat untuk memberikan edukasi, bahaya hoax, “Proses edukasi juga akan kami berikan kepada seluruh elemen masyarakat. Karena hoaxsangat membahayakan bagi kerukunan di tengah masyarakat,” kata Arif. (*)

0 komentar:

Posting Komentar