Rabu, 09 Oktober 2019

Program Bantu 1000 Pesantren ESDM Datangi Kebumen

KEBUMEN (beritagombongofficial) - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan berupa sumur bor kepada dua pesantren dan satu Desa di Kebumen yakni Ponpes Nurul Hidayah Bandung Sruni dan Ponpes Al Huda Jetis serta Desa Kepakuran Kecamatan Sruweng Kebumen.
Bantuan tersebut merupakan program Badan Geologi Kementerian ESDM ke 1000 pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Penyerahan sekaligus peresmian secara simbolis dipusatkan di lokasi Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung.
Peresmian yang dihadiri Sekretaris Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Sekda Kabupaten Kebumen dan Dandim 0709 Kebumen menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun dapat dimanfaatkan oleh santri dan masyarakat sekitar guna memenuhi kebutuhan air bersih.
Sekretaris Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Iwan Prasetya Adi menuturkan, bantuan sumur bor yang diberikan sebagai salah satu wujud perhatian Menteri ESDM kepada Pondok Pesantren yang mendesak ketersediaan air bersih. “Ada dalam programnya beliau ingin membantu seribu pesantren, setiap tahun pasti ada pesantren yang kebutuhan air tidak mencukupi,” katanya, Rabu (9/10).
Lanjut Iwan, program yang sedang dicanangkan saat ini merupakan suatu keberpihakan Kementerian ESDM terhadap kesejahteraan masyarakat melalui pengentasan daerah sulit air dimana sebagian wilayah di Jawa Tengah masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alam. “Jangan sampai para santri ini tidak mandi, tidak bisa untuk wudhu karena kekurangan air. Padahal kalau digali masih ada sumber air,” kata dia.
Secara spesifik, tiga sumur bor tersebut memiliki kedalaman 125 meter yang mampu mengeluarkan debit air antara dua liter per detik. Bantuan sumur bor juga dilengkapi menggunakan pompa selam, rumah panel listrik, dan bak penampungan berkapasitas 5000 liter. “Setiap sumur bor itu mampu melayani kebutuhan air bersih sampai 2880 jiwa,” ujar Iwan.
Iwan menyebutkan, hingga Agustus 2019, Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2335 unit sumur bor yang tersebar di 34 Provinsi dan 312 Kabupaten dengan kapasitas debit air mencapai sekitar 144,4 juta per tahun. Sedikitnya 6,6 juta jiwa terbantu dengan adanya bantuan sumur bor. (*)

0 komentar:

Posting Komentar