Kamis, 27 Oktober 2016

SMK Ma’arif 2 Gombong sabet Juara II LKS Refrigerasi tingkat Provinsi Jateng

MadugoNews (Gombong) – Meski hanya sebagai anak desa, namun Ihsan Aziz Mubarok mampu menorehkan prestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dengan nilai 90,07 siswa kelas XII Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) SMK Ma’arif 2 Gombong Kabupaten Kebumen berhasil menjadi juara II dalam Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK bidang Refrigerasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah ke XXV Tahun 2016. Dia kalah tipis dengan pesaingnya Juara I yaitu A. Nur Fatkhul Cholbi dari SMK Negeri 2 Kendal (96,63) dan juara III Rizkiono asal SMK Negeri 3 Pekalongan (89,70).
 
Ihsan mengaku bangga sebagai anak desa yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Kebumen di kancah Provinsi Jawa Tengah. “Alhamdulillah, saya bisa menjadi juara,” ucapnya bangga ketika dijumpai MadugoNews setelah Upacara bendera, Senin (19/9).
 
Anak bontot dari 6 bersaudara pasangan dari Bapak Supriyono dan Ibu Komsiatun itu, mengaku sempat minder. Tetapi atas motivasi dari guru pembimbingnya Suri Kartika Wati, S.Pd., Joko Tri Sarwanto dan Dimas Prayogo Catur B. P, dirinya mampu menghilangkan rasa mindernya atau optimis ketika lomba berlangsung di SMK Negeri 2 Klaten Surakarta, pada 14-17 September 2016 lalu.
 
“Sempat minder sih, wong baru pertama kali ikut lomba di tingkat Jawa Tengah,” tuturnya dengan polos.
 
Di Surakarta, Ihsan bertarung dengan 12 peserta utusan dari 12 Kabupaten Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara atau Jurusan Rerigeration se Jawa Tengah. Dia harus menguasai betul berbagai materi lomba yang meliputi tes teori, memasang installasi AC, service kulkas, mengoperasikan alat refrigerasi, desain dan konstruksi pemipaan, uji presentasi dan uji wawancara.
 
Atas prestasi yang ditorehnya, remaja asal Desa Kalitengah Gombong yang lahir pada tanggal 8 September 1999 itu mendapat banyak Piala, medali dan piagam serta uang pembinaan dari Panitia Penyelenggara, dari Sekolahnya, dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, serta Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen.
 
Dikelasnya, Ihsan juga menempati 5 besar dalam prestasinya. Meski demikian, dia selalu aktif dan menjadi pengurus kelas yang mampu memanage teman-temannya. Hobi gemar membaca dan sepak bola ini ketika lulus kelak bercita-cita ingin kerja menjadi Mekanik yang handal “Setelah lulus, saya pingin kerja jadi mekanik Perusahaan Bonafit di Jakarta untuk membantu orang tua,” ucapnya.
 
“Keberhasilan SMK Ma’arif 2 Gombong dibidang refrigerasi pada ajang LKS Tingkat Provinsi Jateng, merupakan kali keempat sejak tahun 2012,” ungkap Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino, S.Kom, didampingi Kepala Jurusan TPTU Suri Kartika Wati, S.Pd. Senin (19/9/2016).
 
Sejak Tahun 2013, lanjutnya, Sekolah Rujukan ini berkali-kali meraih juara 2 bidang Refrigerasi tingkat Jateng, tahun 2014 juara 2 tingkat Provinsi Jateng dan tahun 2015 juara 2 tingkat Provinsi Jateng. “Tahun ini, Alhamdulillah kembali meraih juara 2 tingkat Provinsi Jateng,” ungkapnya.
 
Ngadino berharap, SMK Ma’arif 2 Gombong bisa meraih juara 1 tingkat nasional pada kejuaraan yang sama tahun depan. Ngadino berjanji, kepada para siswanya yang telah mengukir prestasi akan diberikan beasiswa sesuai dengan tingkat prestasi yang telah diraihnya. Termasuk guru pembimbing yang ikut serta mengantarkan peserta didiknya menjadi anak yang berkualitas. “Sekolah akan memperhatikan penuh kepada siswa yang berprestasi dan juga guru pembimbingnya,” ucap Ngadino dalam Sambutan upacara bendera hari Senin (19/9/2016) kemarin.
 
Kepala sekolah yang lebih dikenal dengan sebutan pak jenggot itu turut bangga atas prestasi peserta didiknya. SMK yang terletak di jalan raya Kemukus No. 96 B Gombong ini sejak berdiri 1994, merupakan sekolah yang banyak meraih prestasi. Apresiasi atas prestasi itu, juga ditunjukkan oleh Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I dan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, S.H. saat sambutan di tiap-tiap acara besar di SMK Ma’arif 2 Gombong seperti acara pelepasan siswa kelas XII.
 
Disekolahnya, lanjut Ngadino, memberikan dorongan dan keleluasan kepada para siswa yang berjumlah 1138 itu untuk mengeksplorasi prestasinya. Segala prestasi yang diraih para siswanya diberi reward yang pantas termasuk dalam bentuk beasiswa. ”Silahkan kalian berlomba-lomba untuk mengharumkan nama sekolah, pihak sekolah akan senantiasa menfasilitasi dan memberikan apresiasi dalam bentuk reward kepada siswa yang telah berprestasi” ujar Ngadino penuh semangat. (SaifudinMDG)

Supported  by :
sponsor_____________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com
sponsor2

0 komentar:

Posting Komentar